Pengertian Seni Rupa

Seni rupa adalah cabang seni yang menggunakan media yang bisa dilihat, dirasakan dengan diraba.  Seni rupa juga berarti ungkapan gagasan dan perasaan manusia yang diwujudkan dengan pengolahan median dan penataan elemen serta prinsip desain.

Seni rupa adalah realisasi imajinasi tanpa batas dan tidak ada batasannya dalam berseni. Seni rupa adalah salahsatu cabang seni yang bisa dilihat perwujudannya. Dalam arti, karya seni ini bisa dinikmati secara langsung dengan indra penglihatan.

Seni rupa dibedakan ke dalam tiga kategori, yaitu seni rupa murni atau seni murni, kriya, dan desain. Seni rupa murni mengacu kepada karya-karya yang hanya untuk tujuan pemuasan eksresi pribadi, sementara kriya dan desain lebih menitikberatkan fungsi dan kemudahan produksi.

Seni Rupa menurut para ahli adalah kumpulan perwujudan batiniyah serta pengalaman estetik yang diwujudkan melalui media bidang , garis, warna, tekstur, volume, serta adanya komposisi gelap terang
Secara kasar terjemahan seni rupa di dalam Bahasa Inggris adalah fine art. Namun sesuai perkembangan dunia seni modern, istilah fine art menjadi lebih spesifik kepada pengertian seni rupa murni untuk kemudian menggabungkannya dengan desain dan kriya ke dalam bahasan visual arts

 

 

Leave a comment

The greatest WordPress.com site in all the land!