Gerakan Seni Tari

Unsur utama tari adalah gerak. Tari memiliki gerakan yang indah yang telah diberi sentuhan gerak. Gerakan tari yang indah membutuhkan proses pengolahan atau penggarapan terlebih dahulu, pengolahan unsur keindahannya bersifat stilatif dan distortif:

Gerak Stilatif adalag gerakan yang telang mengalami proses pengulana sedangkan gerak distorsif adalah gerak yang telah mengalami perubahan dari gerakan aslinya.

Dari hasil pengolahan gerak yang telah mengalami stilasi dan distorsi lahirlah dua jenis gerak tari, yaitu gerak murni (pure movement) dan gerak maknawi. Gerak murni adalah gerak yang terdapat gerak artistik dan tidak menggambarkan sesuatu. Sedangkan gerak maknawi adalah gerak yang sudah diubah gerakannya dan mengandung maksud tertentu.

Macam gerak tari tradisional yaitu :
  1. Gerak jari

a. Ngruji / ngrayung, semua jari rapat tegak lurus, ibu jari masukditekuk merapat telapak tangan. Tangan kiri dan kanan sama.

b. Nyempurit, ujung ibu jari bertemu dengan  ujung telunjuk membentuk bulatan dan jari – jari lainnya melengkung mengikuti arah jari tengah. Tangan kanan dan kiri sama.

c. Nagarangsang / boyomangap, seperti ngruji atau ngrayung hanya ibu jari membuka lurus kedepan. Tangan kanan dan kiri sama

d. Nyekithing, ruas ibu jari bersinggung dengan ruas jari tengah paling depan, jari–jari lainnya melengkung searah jari tengah.

2.    Gerak Kaki

a. Nggrundho, sikap kaki nggrundho yaitu sikap dengan dua kaki mendhak sifat gantung.

b. Lumaksono, berjalan ke depan. Sikap dan posisi kaki kiri lumaksono dengan arah telapak kaki serong ke luar atau meger timun.

c. Gejuk atau Seblak, sikap kaki kiri gejuk atau dihentakkan ke lantai terap di belakang tumit kaki kanan.

d. Tanjak kiri

e. Trecetan , melangkah jinjit dengan cepat ke kanan atau ke kiri.

f. Kicat

Sedangkan berdasarkan koreografinya, jenis tari dibedakan menjadi :

  1. Tari tunggal (solo) adalah tari yang diperagakan oleh seorang penari baik laki-laki atau perempuan.
  2. Tari berpasangan adalah tari yang diperagakan oleh dua orang secara berpasangan.
  3. Tari kelompok adalah tari yang diperagakan oleh beberapa penari yang lebih dari dua orang.

Leave a comment

The greatest WordPress.com site in all the land!