Pengertian Seni Teater

Seni tater adalah istilah lain dari drama. Dalam arti luas, teater adalah proses pemilihan teks atau naskah, penafsiran, penggarapan, pementasan dan proses pemahaman dari penonton. Teaterdalam arti sempit yaitu sebagai drama yang mementaskan kehidupan manuisa atau kisah hidup manusia yang dilihat orang banyak.

Secara etimologis, teater adalah gedung pertunjukan atau tempat pertunjukan. Dalam bahasa Yunani, teater berarti takjub melihat atau memandang.

Seni tater adalah keseluruhan yang mencakup gedung, pemain dan kegiatannya. Teater juga berarti sebagai semua jenis dan bentuk tontonan yang mencakup tiga kekuatan yaitu pekerja, tempat dan komunitas penikmat. Dan tiga unsure yaitu kebersamaan, saat dan tempat.

Seni teater adalah peristiwa yang dapat menempati beberapa posisi. Jika dilihat ke dalam, merupakan tindakan ekspresif yang memperlihatkan gejolak rasional dan emosional seorang teaterawan (pelakunya) dalam bentuk-bentuk artistik panggung. Panggung teater dalam posisi ini bisa juga dianggap sebagai salah satu representasi dari “sikap” sosial-politik masyarakat, di mana seni itu berproses dan mendapatkan publiknya. Teater jika dilihat ke luar, dapat menempati posisi juga sebagai peristiwa sosial, sehingga dalam pengertian ini teater adalah bentuk aktif dari “tindakan” sosial-politik masyarakat.

 

Leave a comment

The greatest WordPress.com site in all the land!